Berbagai Jenis Makanan Pendamping ASI

Makanan Pendamping ASI
Makanan Pendamping ASI - Nutrisi utama dan yang paling penting dikonsumsi oleh bayi ialah ASI. Karena di dalam ASI memiliki berbagai vitamin, gizi dan juga nutrisi di dalamnya. Semua nutrisi sudah terdapat di dalam ASI. ASI ini wajib diberikan kepada bayi yang berusia di bawah enam bulan. Karena kandungan serta nutrisi yang terdapat dalam ASI ini tak dapat digantikan oleh apapun bahkan oleh susu formula sekalipun. Meski harga dari susu formula atau susu bubuk tersebut terbilang mahal dan tinggi, akan tetapi susu formula belum mapu menggantikan asupan gizi serta nutrisi di dalam ASI itu sendiri. Hal ini terjadi karena bayi pada usia di bawah enam bulan masih sangat membutuhkan asupan ASI yang cukup agar dapat mempercepat tumbuh kembangnya tubuh bayi.

Setelah bayi masuk dalam usia enam bulan, buah hati akan dikenalkan oleh makanan yang lain yang biasa disebut dengan makanan pendaping ASI. Dan ini merupakan makanan bayi yang kedua setelah bayi mengenal ASI sebelumnya. Dan berikut beberapa Makanan Pendamping ASI:

Makanan yang dianjurkan dan diperbolehkan untuk dikonsumsi bayi berupa (1) bubur tepung beras merah yang sudah dimasak terlebih dahulu dengan memberi tambahan kaldu daging atau bahkan sayuran, air serta susu formula. (2) berbagai macam jenis buah-buahan yang sudah terlebih dahulu dihaluskan atau telah diblender terlebih dahulu. Karena hal ini agar memudahkan bayi untuk dapat memakan makanan tersebut. Buah-buahan yang biasa diberikan ialah pisang, melon, apel dan juga papaya. Selain bubur tepun dan juga buah-buahan masih ada lagi yaitu (3) sayur-sayuran serta kacang-kacangan. Sayur-mayur dan kacang-kacangan ini awalnya dilembutkan terlebih dahulu. Melembutkan sayur serta kacang-kacangan ini dengan cara ditumbuk atau diblender. Pada waktu sedang menghaluskan bahan-bahan tersebut alangkah baiknya apabila bahan tersebut ditambah dengan air matang atau kaldu agar bahan tersebut akan menjadi lebih lembut.


Sayuran dan kacang-kacangan yang disarankan seperti kacang polong, wortel, tomat, labu kuning, kacang hijau serta kacang merah juga termasuk dalam Makanan Pendamping ASI. (4) Daging pilihan yang tidak mengandung lemak terlalu banyak. Cara menjadikan daging sebagai makan pendamping ASI ialah dengan cara diblender terlebih dahulu agar daging dapat dimakan oleh bayi dengan mudah. Daging ini perlu diberikan karena daging mempunyai protein yang cukup banyak. Selain daging ibu juga bias memberikan kepada bayi ikan. Ikan terlebih dahulu diblender dan dihaluskan. Akan tetapi yang perlu diingat ialah pilihhlah ikan yang tidak terlalu banyak durinya. Jika akan memblender ikan tersebut akan lebih baik jika dihilangkan durinya terlebih dahulu. Ikan yang dapat menjadi bahan konsumsi untuk bayi ialah seperti ikan gindara, ikan salmon dan fillet ikan kakap.

Ya, itulah beber jenis Makanan Pendamping ASI. Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam memilih asupan untuk ASI sehat.

Comments

Popular posts from this blog

Begini Cara Menyimpan Susu Formula Yang Benar

Manfaat Yang Didapat Dengan Lulur Susu Kambing

Inilah Khasiat Susu Kedelai Untuk Ibu Menyusui