Tips Memilih Susu Formula Yang Baik Dan Benar

Tips Memilih Susu Formula
Tips Memilih Susu Formula - Ada hal-hal yang perlu perhatikan, sebelum menentukan susu formula yang tepat untuk sang buah hati.

Perhatikan Komposisinya
Tips Memilih Susu Formula yang pertama adalah pastikan susu formula untuk bayi maupun susu formula untuk anak telah mendekati komposisi ASI dengan kandungan-kandungan yang sesuai dengan standard yang ditetapkan oleh WHO.  Jadi, susu formula tersebut diharususkan mengandung  Protein, vitamin, mineral, lemak, dan energi. Namun tetap saja susu formula tidak sepenuhnya mampu menyamai ASI. Begitu pun susu formula yang sudah ditambahkan kandungan-kandungan seperti AA, DHA, asam folat, dll, tidak dapat menyamai ASI. Sebab ASI merupakan makanan terbaik serta  tidak ada tandingannya.

Tips Memilih Susu Formula: Boleh Susu  Bubuk dan cair
Baik susu bubuk maupun susu cair kandungan gizinya tidak jauh berbeda, yang berbeda hanya produknya. Pembubukan sendiri diolah dari proses cair  kemudian airnya dihilangkan agar menjadi bubuk. Bila kemudian dicairkan kembali, proses pencairannya bisa mengikuti seperti yang  disarankan dalam kemasan susu. Susu bubuk ini banyak diolah dengan metode instant, hingga susu bubuk tersebut dapat larut dalam air panas ataupun dingin.

Sesuai Kondisi Anak
Pada umumnya susu formula yang beredar di pasaran berasal dari susu sapi yang ditunjukan untuk bayi atau anak yang tidak memiliki riwayat alergi dalam keluarga. Akan tetapi jika dalam keluarga terdapat riwayat alergi, maka pilihlah susu dengan protein yang ter-hidrolisat sehingga tidak sulit diolah oleh pencernaan si bayi maupun si anak, atau piliihlah susu formula Hypoalergenik. Adapun susu formula khusus, yang telah disediakan bagi bayi/anak yang mempunyai masalah dengan saluran pencernaan. Biasanya pemberian susu formula khusus ini atas pengawasan serta petunjuk dokter. Susu formula khusus ini hanya tersedia di apotik-apotik atau Rumah Sakit. 

Tips Memilih Susu Formula: Sesuai Usia Anak
Kandungan gizi susu formula  anak berbeda dengan kandungan susu bayi terutama jumlah protein dan kalorinya. Makin tinggi usia si anak, maka makin banyak kalori yang diperlukan. Dan fungsi pencernaan anak-anak dalam mengolah makanan akan semakin baik. Susu formula bayi dibedakan menjadi dua: (1) susu formula usia 0-6 bulan, (2) susu formula usia 6-12 bulan. Sistem pencernaan bayi usia 0-6 bulan belum sesempurna bayi usia 6 bulan ke atas. Sedang susu formula anak dibedakan juga menjadi dua: (1) kelompok usia 1-3 tahun, (2) kelompok usia 4-6 tahun.  Kebutuhan energi pada anak usia 1-3 tahun lebih kecil dibandingkan kebutuhan energi pada anak usia 4 tahun ke atas.



Comments

Popular posts from this blog

Begini Cara Menyimpan Susu Formula Yang Benar

Manfaat Yang Didapat Dengan Lulur Susu Kambing

Inilah Khasiat Susu Kedelai Untuk Ibu Menyusui