Apa Sebenarnya Penyebab ASI Tidak Keluar?

Penyebab ASI Tidak Keluar
Penyebab ASI Tidak Keluar - Untuk setiap ibu yang baru saja memiliki buah hati pasti menginginkan dirinya dapat menyusui bayinya dengan mudah dan lancar, meskipun ada beberapa wanita atau ibu yang baru melahirkan tak ingin memberikan ASI-nya. Hal ini disebabkan karena berbagai pertimbangan. Seperti ingin tetap terlihat seksi dan ingin tetap menjaga payudaranya agar tetap sintal dan sebagainya. Namun ada pula yang saat setelah melahirkan ingin sekali menyusui namun, produksi ASI-nya tidak keluar. Apabila ASI tidak mau keluar, hal ini perlu dicari tahu apa sebabnya dan apa faktor yang membuat ASI tidak mau keluar. Ibu yang baru saja melahirkan dapat berkonsultasi kepada dokter yang sudah dipercayainya. Akan tetapi kebanyakan faktor yang mempengaruhi hal tersebut adalah faktor Psikologis dan juga Faktor Fisik.

Faktor Psikologis dan Faktor Fisik merupakan hal yang sering menjadi Penyebab ASI Tidak Keluar atau ASI yang keluar hanya sedikit. Jika kedua faktor tersebut dapat ditanggulangi atau dijaga dengan benar maka ibu yang sedang menyusui dapat memproduksi ASI-nya dengan lancar serta ASI yang ada cukup untuk si buah hati.

Akan tetapi jika kedua faktor tersebut tidak dapat terpenuhi dengan baik, maka ibu menyusui akan mendapatkan hambatan serta gangguan pada produksi ASI-nya. Dan hal ini dapat mengakibatkan atau menjadi penyebab ASI tidak keluar. Sehingga persiapan-persiapan pada saat seorang ibu akan melahirkan perlu diperhatikan dengan sangat serius. Faktor Psikologis ibu yang sedang menyusui sangat berpengaruh pada produksi ASI dan mampu menjadikan Penyebab ASI Tidak Keluar adalah:

Rasa nyaman. Perasaan ibu yang sednag menyusui mampu menahan dan meningkatkan pengeluaran oksitoksin. Seperti halnya perasaan gelisah, sedih, cemas, khawatir, malu, marah, kesal dan juga nyeri hebat mampu mempengaruhi refleks oksitoksin dan pada akhirnya menahan produksi ASI. Begitu sebaliknya apabila perasaan ibu menyusui bangga, senang, bahagia, mencium dan memeluk buah hatinya mampu meningkatkan produksi ASI.

Percaya dan Yakin. Percaya dan yakin bahwa dirinya sendiri mampu menyusui dan juga payudaranya dapat memproduksi dengan baik akan dapat menolong dalam hal menyusui dan meminimalisir adanya faktor Penyebab ASI Tidak Keluar.


Berpikir positif. Berpikir positif merupakan hal yang sanagat diperlukan. Karena dengan berpikir positif mampu menambah hormon dan mampu meningkatkan rasa percaya diri. Sehingga hal ini mampu memberikan produksi ASI menjadi lancar dan bisa keluar secara lancar.

Sumber: lifestyle.okezone.com

Comments

Popular posts from this blog

Begini Cara Menyimpan Susu Formula Yang Benar

Manfaat Yang Didapat Dengan Lulur Susu Kambing

Inilah Khasiat Susu Kedelai Untuk Ibu Menyusui