Bagaimana Cara Memperlancar ASI?


Cara Memperlancar ASI
Cara Memperlancar ASI - Ada banyak ibu yang mengeluh karena produksi ASI-nya tidak lancar. Seandainya lancar, masih ada juga ibu yang khawatir apabila ASI-nya akan cepat habis. Hal ini dikarenakan kemampuan si kecil mengonsumsi ASI cukup banyak. Untuk mendorong dan terus menjaga ketersediaan ASI, ada beberapa cara untuk memperlancar ASI.

Makan teratur serta mengonsumsi makanan bernutrisi seperti sayur-sayuran dan berbagai macam buah-buahan. Dengan makan secara teratur dan cukup, jumlah ASI yang dikonsumsi bayi juga cukup banyak. Memperbanyak minum cairan atau air putih juga mampu menambah produksi ASI ibu. Sehingga ASI akan mengalir secara terus-menerus. Cairan yang dimaksud di atas tidak mesti harus susu. Dapat pula meminum cairan yang berupa air putih, jus, sup, dan lain sebagainya

Semakin kerap seorang ibu menyusui sehingga ASI yang mengalir akan lebih lancar. Oleh sebab  itu, tips cara memperlancar ASI adalah; kerjakanlah kegiatan menyusui ini sekerap mungkin. Perlu diingat tentang hukum “demand and supply”. Makin banyak permintaan bayi terhadap (ASI) sehingga akan makin besar ketersediaan ASI. Apabila salah satu payudara penyedia ASI-nya sudah habis saat menyusui, maka pindahlah ke payudara yang satunya, agar kedua payudara tetap dinamis dalam memproduksi ASI. Memompa payudara di saat sedang tak menyusui bayi. Selain memendam kelebihan ASI, melakukan kegiatan memompa payudara juga mampu menjaga ASI agar tetap lancar. Mengonsumsi macam-macam herbal tertentu seperti daun katuk, dapat dipercaya mampu menjadi terobosanagar ASI tetap lancar. Apalagi pada waktu ini sudah banyak sekali vitamin yang mengandung bahan herbal yang mampu meningkatkan atau melancarkan produksi ASI. Seandainya seorang ibu ragu saat akan mengonsumsi suplemen untuk melancarkan ASI, maka ibu dapat konsultasi terlebih dahulu kepada dokter.

Selain berbagi tips Cara Memperlancar ASI di atas, seorang ibu yang sedang menyusui juga harus memperhatikan kesehatan. Terlebih lagi menjaga pola tidur agar istirahat terpenuhi dengan pas. Hal ini akan mempermudah seorang ibu menyusui untuk tetap menjaga memproduksi ASI tetap lancar. Apabila istirahat ini susah untuk diterapkan, mintalah bantuan terutama pada suami, ibu, saudara atau bahkan pembantu sekalipun untuk menjaga bayi selama Ibu sedang istirahat. Dengan demikian, istirahat tidak terlalu terganggu.


Ada beberapa faktor yang sangat mempengaruhi hormone pada saat sedang memproduksi ASI. Faktor tersebut ialah pikiran dan psikologis. Hal ini dikarenakan menyusui mampu membuang kalori sebesar 500 kalori per hari, dengan demikian ibu wajib untuk mengonsumsi makanan yang cukup kalori. Kesimpulannya adalah lakukan kegiatan menyusui sekerap mungkin, hal ini dikarenakan sangat membantu ibu menyusui agar persediaan ASI tetap ada dan berjalan lancar. Nah, itulah, beberapa hal dan tips Cara Memperlancar ASI. Semoga artikel ini bisa membantu Anda.

Sumber: theasianparent.com

Comments

Popular posts from this blog

Begini Cara Menyimpan Susu Formula Yang Benar

Manfaat Yang Didapat Dengan Lulur Susu Kambing

Inilah Khasiat Susu Kedelai Untuk Ibu Menyusui