Inilah Tanda Bayi Cukup ASI Yang Harus Diketahui

Tanda Bayi Cukup ASI
Tanda Bayi Cukup ASI - Air Susu Ibu (ASI) tak dapat kita pungkiri kembali apabila ASI memiliki banyak manfaat yang sangat luar biasa dirasakan oleh tubuh bayi ataupun ibu bayi itu sendiri. ASI yang memiliki banyak  nutrisi di dalamnya, mempunyai zat antibodi, praktis, gratis dan efisien dan dapat menolong ibu untuk memulihkan kembali kondisi fisik setelah persalinan ialah beberapa manfaat yang berasal dari ASI. Dengan demikian ibu menyusui berusaha semaksimal mungkin dan melakukan yang terbaik agar dapat memberikan ASI pada bayinya.

Akan tetapi pada saat ibu sedang menyusui tak dapat mengukur seberapa banyak ASI yang telah dikonsumsi oleh bayi. Akan tetapi ibu menyusui masih dapat memastikan jika ASI yang diminum oleh bayi terbilang cukup. Untuk dapat memastikan bayi mendapatkan asupan ASI yang cukup dapat dilihat dengan memperhatikan hal-hal berikut.

Yang pertama dalam melihat Tanda Bayi Cukup ASI ialah ibu atau orang tua dapat melihat dari berat badan bayi. Bertambahnya berat badan pada bayi yang terus meningkat dapat menjadi acuan yang mendasar bila bayi benar-benar mendapatkan asupan ASI yang cukup.  Meski kebanyakan tubuh bayi akan menyusust setelah bayi lahir. Akan tetapi semuanya itu akan kembali pada kondisi normal setelah bebrapa minggu. Jika ibu melahirkan masih kurang paham akan hal ini ibu dapat melakukan penimbangan secara rutin agar mengetahui berat badan bayi.

Buah hati yang baru saja keluar dari rahim sang ibu  akan lebih baik apabila selalu diberi ASI antara 8 hingga 12 kali dalam setiap harinya dan dengan jangka waktu antara 2 sampai 3 jam. Namun selama dalam proses perkembangan, bayi biasanya akan meminum ASI lebih banyak dan bahkan bayi kerap kali merengaek atau menangis jika ia ingin meminta susu.

Apabila buah hati sang ibu mulai menyusui, maka ibu akan merasakan tarikan yang lembut pada payudara. Kecuali itu, ibu juga akan merasakan sensasi gigitan dan cubitan halus pada putting susunya. Selain hal tersebut, ibu juga akan merasakan payudara mengencang atau merasa bahwa payudaranya penuh terisi susu. Namun setelah ibu menyusui buah hatinya maka ibu akan merasakan lebih ringan, kosong dan payudara terasa lembut.


Jika hal tersebut telah dirasakan atau diketahui oleh orang tua bayi maka ibu akan dapat melihat kesehatan bayi dengan seksama dan hal tersebut merukapan Tanda Bayi Cukup ASI. Bayi yang terpenuhi oleh asupan ASI akan terlihat lebih senang, bahagia dan wajanya selalu berseri-seri setiap harinya. Hal ini akan sangat membantu orang tua jika ibu mampu mempercayai naluri dirinya akan perubahan yang terjadi pada diri anak.

Nah, itulah artikel tentang Tanda Bayi Cukup ASI yang bisa kami berikan. Semoga dapat membantu Anda.

Comments

Popular posts from this blog

Begini Cara Menyimpan Susu Formula Yang Benar

Manfaat Yang Didapat Dengan Lulur Susu Kambing

Inilah Khasiat Susu Kedelai Untuk Ibu Menyusui