Manfaat ASI Eksklusif Yang Harus Diketahui

Manfaat ASI Eksklusif
Manfaat ASI Eksklusif - ASI Eksklusif ialah pemberian air susu ibu kepada bayi ketika baru saja keluar dari rahim ibu hingga sampai 6 bulan tanpa ada tambahan makanan pendamping serta minuman pralakteal atau semacamnya. Sehingga dapat dikatakan air susu murni dari payudara ibu. Pemberian Air Susu Ibu dengan cara eksklusif ini diwajibkan dalam jangka waktu kurang lebih 4 bulan. Akan tetapi lebih baik jika memberi ASI terhadap bayi hingga usia 6 bulan.  Kemudian sesudah bayi memasuki usia 6 bulan ke atas, bayi setidaknya harus dikenalkan dengan makanan pendamping ASI atau biasa disingkat dengan MPASI (Makanan Pendamping ASI), meskipun ASI masih bisz diberikan hingga bayi berumur 2 tahun.

Selain Manfaat ASI Eksklusif, ada bebrapa jenis ASI di dunia kesehatan. Misalkan saja ASI Kolostrum. ASI kolostrum merupakan cairan yang begitu kental dan mempunyai warna kekuning-kuningan. ASI ini dihasilkan pada saat ibu melahirkan satu hari sampai tiga hari. Kemudian ada lagi jenis ASI yaitu susu Transisi. ASI transisi merupakan air susu ibu yang di produksi sekitar hari keempat sampai dengan hari kesepuluh setelah ibu melahirkan. Selain jenis ASI diatas masih ada banyak lagi jenis-jenis ASI lainnya.


Terdapat beberapa hal yang menjadi tujuan pemberian dan Manfaat ASI Eksklusif yang mampu dilakukan dengan baik oleh ibu yang menyusui maupun oleh si buah hati sendiri. Diantara tujuan pemberian ASI eksklusif tersebut ialah sebagai berikut: (1) Bagi Bayi diantaranya  mampu memberikan tujuan ASI ialah antara lain si buah hati mampu menolong mengawali kehidupannya dengan sangat baik, memiliki antibodi, ASI juga mempunyai kandungan komposisi yang pas, mampu meminimalkan terjadinya karies dentis, dapat memberikan perasaaan yang nyaman juga aman terhadap bayi. Serta dapat menjalin hubungan yang erat antara bayi dengan ibunya dikemudian hari.

Selain hal tersebut Manfaat ASI Eksklusif juga dapat menghindarkan bayi dari berbagai macam alergi, lalu ASI dapat meningkatkan IQ bayi, mampu menolong perkembangan rahang bayi serta merangsang bertumbuhnya gigi. Hal ini disebabkan oleh gerakan mulut bayi yang menghisap putting payudara sang ibu bayi. (2) Manfaat bagi seorang ibu yang sedang menyusui. Ibu menyususi akan memperoleh faedah dan manfaatnya tersendiri. Seorang ibu yang menyusui bias mendapatkan manfaat sebagi alat kontrasepsi, dapat membantu meringankan atau menurunkan berat badan, berpengaruh terhadap aspek psikologis yang mampu mempengaruhi dampak baik kepada ibu yang sedang menyusui, serta mampu meningkatkan kesehatan serta kebugaran tubuh ibu itu sendiri.

Comments

Popular posts from this blog

Begini Cara Menyimpan Susu Formula Yang Benar

Manfaat Yang Didapat Dengan Lulur Susu Kambing

Inilah Khasiat Susu Kedelai Untuk Ibu Menyusui