Begini Cara Menyimpan Susu Formula Yang Benar

Cara Menyimpan Susu Formula
Cara Menyimpan Susu Formula - Sebagai informasi saja, dan semoga ini berguna. Tentang cara-cara menyimpan susu formula. Pada susu formula bukan hanya cara-cara pengolahannya saja yang harus baik dan tepat, tapi dalam menyimpan pun juga harus baik juga tepat. Susu formula jika tidak disimpan dengan cara tepat dan benar, maka susu akan mudah terkontaminasi dengan zat luar yang bisa saja membawa zat patogen yang nantinya dapat merusak susu. Nah, berikut adalah Cara Menyimpan Susu Formula dengan baik dan benar.

Jangan terlalu lama menyimpan susu. Dan sebaiknya susu formula dikonsumsi tidak lebih dari tiga bulan setelah kemasan susu dibuka. Bila susu formula sudah dibuka dan usianya lebih dari tiga bulan, meskipun produknya masih tampak bagus,  langsung dibuang saja sebaiknya.

Sebaiknya simpanlah susu formula di tempat-tempat yang tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung. Menyimpan susu di tempat-tempat yang langsung terkena paparan sinar matahari akan menjadikan suhu udara di dalam kemasan meningkat, hingga mikroorganisme mudah masuk ke dalamnya.

Simpanlah susu di tempat yang sejuk serta tidak lembab. Untuk jenis susu bubuk, sebaiknya jangan di dalam lemari es.

Simpanlah susu di tempat yang rapat. Jika susu disimpan di dalam kaleng, pastikanlah tutup kaleng sudah benar-benar rapat. Sementara untuk susu formula kemasan kardus, cobalah untuk melipat alumunium foilnya sampai benar-benar kedap udara dan bila perlu ikatlah dengan tali. Upayakan susu ditutup benar-benar rapat supaya tidak mudah terkontaminasi. Dan yang perlu perhatikan lagi yaitu kemasan susu. Janganlah sampai membeli susu dimana kemasannya sudah rusak. Sebab kemasan yang sudah rusak tidak menjamin kualitas susu. Bisa jadi ada sisi yang bocor, hingga kuman maupun bakteri bisa dengan mudah masuk ke dalam kemasan susu.

Ketika di rumah, pastikan Cara Menyimpan Susu Formula di tempat-tempat yang aman atau tempat-tempat yang terhindar dari hal-hal yang dapat merusak kemasaan susu atau susu itu sendiri, misalnya saja semut ataupun tikus. Simpanlah di tampat yang sekiranya aman, lemari misalnya, agar kualitas susu tetap terjaga.

Bila memungkinkan, sebaiknya cobalah beli tempat semacam wadah yang kedap udara sebagai wadah susu. Tentunya sudah tahu kan ada sejumlah produk yang kedap udara? Dan wadah kedap udara tersebut merupakan wadah yang sempurna sekali untuk menyimpan susu formula.
Menyimpan susu formula itu memang gampang-gampang susah. Lebih-lebih kalau sampai salah dalam tata cara menyimpannya, bila cara menyimpannya salah, maka susu akan menjadi rusak dan tentunya tidak bisa dikonsumsi lagi. Sayang kalau harus dibuang, kan?



Comments

Popular posts from this blog

Manfaat Yang Didapat Dengan Lulur Susu Kambing

Inilah Khasiat Susu Kedelai Untuk Ibu Menyusui