Beginilah Ciri-ciri Alergi Susu Sapi Pada Bayi

Ciri-ciri Alergi Susu Sapi pada Bayi
Ciri-ciri Alergi Susu Sapi Pada Bayi - Sistem imun kekebalan pada bayi tentu masih rendah. Itulah mengapa para ibu dianjurkan untuk memberi ASI Eksklusif dan melakukan program Inisiasi Menyusu Dini (IMD) tatkala sesaat sesudah proses kelahiran selesai hingga sang bayi akan dapat memperoleh manfaat kolostrom dari ASI ketika pertama kali menghisap air susu ibu. Dengan metode IMD diinginkan tujuan dan manfaatnya agar sang bayi segera mendapat makanan terbaik baginya yakni ASI, yang begitu berguna untuk mendukung pertumbuhan dan kesehatan serta perkembangannya.

Ciri-ciri Alergi Susu Sapi pada Bayi adalah kasus alergi makanan yang sudah popular pada anak, bahkan bayi. Selain susu sapi, ada susu lain seperti susu kambing dan kerbau pun bisa menimbulkan reaksi alergi. Umumnya, anak-anak mulai menderita alergi saat usia 3 tahun. Alergi susu itu biasanya terjadi beberapa menit hingga beberapa jam setelah anak meminum susu. Gejala dari alergi susu sangatlah bervariasi. Ciri–ciri bayi yang alergi terhadap susu sapi bisa berupa muntah, sesak napas, bintik kemerahan yang sangat gatal pada kulit dan juga masalah pada pencernaan.

Meskipun langka, ada kasus Ciri-ciri Alergi Susu Sapi pada Bayi yang menyebabkan anaphylaxis–reaksi sangat parah yang mengancam nyawa. Beberapa di antara gejalanya ialah seperti kotoran yang encer kadang disertai darah, kram perut, diare, batuk disertai sesak napas, mata berair, hidung berair, ruam kulit yang gatal pada bayi. Di samping itu, penting juga untuk membedakan antara alergi susu dengan ketidaktoleranan terhadap laktosa atau susu.

Tidak layaknya alergi susu, ketidaktoleranan terhadap susu tidaklah terkait dengan sistem imun badan. Ketidaktoleranan terhadap susu mengakibatkan gejala yang berbeda dan memerlukan pengobatan yang berbeda dari alergi susu. Tanda dan gejala biasanya dari ketidaktoleranan terhadap susu itu antara lain ialah masalah pada pencernaan, seperti diare atau perut kembung, setelah mengkonsumsi susu. Beberapa kasus langka menemukan alergi susu dapat menyebabkan anaphylaxis, reaksi yang berbahaya yang dapat mempersempit dan menyumbat jalan pernapasan. Jikalau anak atau orang tua mempunyai reaksi terhadap susu, katakan saja pada dokter tentang hal ini tidak peduli meski reaksinya ringan.

Pemeriksaan tentu dapat membantu memastikan Ciri-ciri Alergi Susu Sapi pada Bayi atau tidaknya, maka orang tua bisa mengambil langkah untuk menghindari reaksi yang tidak diinginkan di masa mendatang. Anaphylaxis merupakan kondisi darurat yang membutuhkan perawatan dengan suntik epinephrine (adrenaline). Gejala itu dimulai setelah mengkonsumsi susu. Untuk itu berhati-hatilah.


Comments

Popular posts from this blog

Begini Cara Menyimpan Susu Formula Yang Benar

Manfaat Yang Didapat Dengan Lulur Susu Kambing

Inilah Khasiat Susu Kedelai Untuk Ibu Menyusui