Cara Membuat Susu Kedelai Bubuk Yang Tepat

Cara Membuat Susu Kedelai Bubuk
Cara Membuat Susu Kedelai Bubuk - Bubuk kedelai dapat dimanfaatkan untuk membuat minuman segar, sebab minuman tersebut memiliki nilai gizi yang sangat tinggi. Kandungan protein bubuk kedelai lebih tinggi dari pada minuman whole milk ataupun minuman skimmed milk. Apabila dilihat dari kadar protein saja, maka bubuk kedelai dapat dipakai untuk mengganti susu. Cara pembuatan bubuk kedelai sangat gampang yaitu dengan cara menggoreng tanpa mengunakan minyak (sangrai), setelah itu bahan dihaluskan sampai menjadi bubuk. Ada beberapa cara untuk Cara Membuat Susu Kedelai Bubuk yaitu : Penggorengan Sangrai Langsung (tanpa minyak) dan Penggorengan Sangrai Dengan Perendaman. Di kesempatan kali ini kita akan membahas cara yang pertama/sangrai.

Bahan-bahan yang dipakai:
1 kg kedelai, 8 liter air panas, 3 liter air dingin sebagai perendaman, 2 gram panili, 15 gram garam,100-200 gram gula pasir.
Alat yang digunakan:
Alat penumbuk, tampah/nyiru, ember plastik, ayakan halus, kompor, alat penggorengan (wajan terbuat dari tanah) dan stoples/plastik kemasan.

Cara Membuat Susu Kedelai Bubuk:
  1. Kedelai dibersihkan sampai bersih.
  2. Panaskan wajan tanah selama 15 menit agar mendapatkan panas yang merata. Setelah itu goreng kedelai tersebut di atas wajan tanah sambil diaduk terus menerus. Laksanakan hal tersebut selama 15 menit hingga kedelai pecah kulitnya. Atau menggunakan mesin sangrai.
  3. Angkat dan dinginkan selama 5-10 menit setelah itu tampi untuk menghilangkan abu dan kulit yang sudah terpisah dari biji.
  4. Tumbuk kasar agar kulit dengan biji terpisah, lalu tampi lagi hingga tidak ada kulitnya,
  5. Setelah itu tumbuk kedelai sampai halus tanpa ada gumpalan, setelah itu diayak agar gumpalan dan bubuk dapat tercerai.
  6. Simpan bubuk kedelai di dalam stoples atau plastik kemasan.

Untuk peralatan pengolahan kedeleai yang lebih praktis bisa mengunakan cara lain. Jika dibandingkan dengan susu sapi yang dapat menaikkan kolesterol, susu kedelai malah menurunkan kolesterol. Susu kedelai juga kaya dengan isoflavon, isoflavon adalah sumber antioksidan potensial, dimana dalam satu gelas susu kedelai memiliki lebih kurang 20 mg isoflavon. Isoflavon dapat bermanfaat mengurangi kolesterol, mengurangi gejala menopause, dapatmencegah osteoporosis dan mengurangi bahaya kanker. Dapat juga dimanfaatkan untuk kecantikan kulit, antioksidan dalam isoflavon menjaga kecantikan dan kemulusan kulit.

Sekian Cara Membuat Susu Kedelai Bubuk dan manfaat susu kedelai bubuk yang dapat disampaikan. Selain mengkonsumsi susu kedelai kesehatan juga dapat didukung dengan olahraga dan pola hidup sehat. Dan jangan lupa selalu berfikir positif dalam hidup.


Comments

Popular posts from this blog

Begini Cara Menyimpan Susu Formula Yang Benar

Manfaat Yang Didapat Dengan Lulur Susu Kambing

Inilah Khasiat Susu Kedelai Untuk Ibu Menyusui