Efek Samping Susu Kedelai Yang Harus Anda Ketahui

Efek Samping Susu Kedelai
Efek Samping Susu Kedelai - Susu kedelai memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Namun selain memiliki banyak manfaat, susu kedelai  juga memiliki beberapa efek samping. Berikut adalah efek samping dari meminum susu kedelai.

Susu formula kedelai untuk bayi 
Susu formula yang berbahan baku kedelai sangat tidak dianjurkan untuk bayi di bawah usia 2 tahun, karena susu kedelai memiliki kandungan lemak yang amat sedikit jika dibandingkan dengan  susu sapi. Efek Samping Susu Kedelai dan lemak yang terkandung dalam susu sangatlah penting untuk perkembangan si bayi juga perkembangan otak si bayi. Di samping itu, ditakutkan ada resiko terjadinya alergi pada si bayi akan protein kedelai. Menurut penelitian, kedelai bisa memicu masalah perkembangan serta tiroid pada bayi, meski masalah tersebut belum benar-benar terbukti.

Fungsi tiroid 
Goitrogens yang terdapat dalam susu kedelai merupakan zat yang mempunyai kemampuan mengganggu fungsi kelenjar tiroid. Zat ini diyakini bisa mengganggu penyerapan yodium serta bisa mengakibatkan pembesaran kelenjar tiroid. Ini terbukti dengan dilakukannya penelitian pada hewan, akan tetapi hubungan pasti antara kedelai dan tiroid belum benar-benar dimengerti.

Efek Samping Susu Kedelai yakni Alergi
Orang yang alergi terhadap protein kedelai akan mengalami gejala-gejala alergi selepas mengkonsumsi susu kedelai. Gejala-gejala alergi yang dialami seperti gatal-gatal, muntah-muntah, batuk, wajah bengkak, diare, bahkan pingsan.

Perut kembung 
Susu kedelai  mengandung protein yang tinggi, hingga bisa meningkatkan produksi gas. Jumlah gas yang dapat dihasilkan tergantung dari jumlah kedelai yang Anda konsumsi, serta jumlah yang bisa ditoleransi oleh tubuh anda. 

Kedelai saat dikonsumsi dengan tidak berlebihan, tentunya tidak akan meningkatkan produksi gas. Hanya saja bagi wanita hamil dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi susu kedelai meski masih dalam tahap normal. Sebab, susu kedelai bagi wanita hamil dapat mengakibatkan kembung yang parah. Oleh sebab itu bagi para wanita hamil sebaiknya menghindari dalam mengkonsumsi susu kedelai. 

Efek Samping Susu Kedelai yakni Asam fitat 
Susu kedelai jika tidak difermentasi mengandung banyak asam fitat, yang bisa mencegah tubuh dalam memproses penyerapan mineral serta vitamin esensial dalam saluran pencernaan. Ini bisa mengakibatkan tubuh menjadi kekurangan nutrisi, hingga kesehatan tubuh menjadi bermasalah, meskipun mengkonsumsi makan-makanan yang kaya akan vitamin juga mineral esensial. Selain itu, penerapan mineral seperti yodium, kalsium, serta besi dapat juga terhambat, sedangkan di sisi lain mineral  sangat penting agar tubuh bisa berfungsi dengan benar.


Comments

Popular posts from this blog

Begini Cara Menyimpan Susu Formula Yang Benar

Manfaat Yang Didapat Dengan Lulur Susu Kambing

Inilah Khasiat Susu Kedelai Untuk Ibu Menyusui