Manfaat Susu kedelai Hitam Yang Harus Diketahui

Manfaat Susu kedelai Hitam
Manfaat Susu kedelai Hitam - Di Indonesia, kedelai  menjadi bahan baku makanan seperti tahu dan tempe. Di samping itu, kedelai juga sebagai sumber pangan yang bisa dikonsumsi lewat berbagai produk olahannya, seperti susu kedelai, kecap, protein kedelai, dan tauco. Kedelai merupakan tanaman kacang-kacangan yang memiliki banyak kandungan nutrisi. Ada dua macam Kedelai  yaitu kedelai hitam dan kedelai kuning. Kedelai hitam sekarang ini tengah menjadi incaran para peneliti gizi serta kesehatan. Ternyata, di dalam kedelai hitam terkandung antisianin. Antisianin sangat bermanfaat dalam mencegah proses oksidasi yang dapat menimbulkan penyakit degeneratif.

Oksidasi LDL kolesterol adalah awal terbentuknya plak-plak di dalam pembuluh darah yang dapat memicu berkembangnya penyakit tekanan darah tinggi serta berkembangnya penyakit jantung koroner. Pada penderita arterosklerosis terdapat plak-plak di dalam pembuluh darah. Hal tersebut mengakibatkan aliran darah maupun oksigen menjadi tak lancar. Hingga pada akhirnya terjadi pengerasan pembuluh darah serta mengakibatkan berbagai penyakit seperti  stroke, jantung koroner, dan berbagai penyakit berbahaya lainnya.

Bagi penderita arterosklerosis yang rajin mengonsumsi susu kedelai hitam yang kaya akan zat antisianin, dimana zat tersebut mampu melancarkan sumbatan-sumbatan  dalam pembuluh darah. Antisianin yang terkandung dalam kulit kedelai hitam ini membantu dalam menghambat oksidasi LDL kolesterol. Akan amat disayangkan bila selama ini masyarakat mendengar bahwa manfaat antisianin hanya terkandung di dalam buah blueberry saja. Padahal kenyataannya, Manfaat Susu kedelai Hitam terdapat kandungan antisianin yang jauh lebih besar dibandingkan dengan blueberry.

Disamping membantu dalam menghambat oksidasi LDL kolesterol, kandungan flavonoid yang terkandung dalam susu kedelai hitam bisa berfungsi sebagai antikanker. Kandungan flavonoid ini bisa ditemukan di dalam sayur-sayuran, buah-buahan, serta biji-bijian. Salah satu yang termasuk dalam isoflavon yaitu genistin. Sedangkan kedelai yang dibuat untuk tempe maupun susu memiliki kandungan genestein paling tinggi dibanding produk olahan-olahan kedelai lainnya.

Manfaat Susu kedelai Hitam, tak hanya berfungsi sebagai antioksidan, susu kedelai hitam juga berfungsi dalam mengurangi gejala- gejala menopause pada wanita. Selain itu, membantu menghambat penuaan dini pada wanita bila dikonsumsi secara rutin. Olahan kedelai hitam memang tak semenarik kedelai kuning. Misalnya, olahan kedelai hitam untuk menjadi tahu akan berwarna abu-abu. Hingga tak jarang produk-produk olahan kedelai hitam malah dihindari konsumen.

Sekian dari kami. Semoga informasi mengenai Manfaat Susu kedelai Hitam seperti yang telah diuraikan di atas dapat memberikan manfaat. Semangat menjaga kesehatan.

Comments

Popular posts from this blog

Begini Cara Menyimpan Susu Formula Yang Benar

Manfaat Yang Didapat Dengan Lulur Susu Kambing

Inilah Khasiat Susu Kedelai Untuk Ibu Menyusui