Proses Pembuatan Kusu Kental Manis

Proses Pembuatan Kusu Kental Manis
Proses Pembuatan Kusu Kental Manis - Susu kental manis merupakan susu sapi yang ditambahkan gula dan airnya dihilangkan, hingga nantinya akan menghasilkan susu yang kental serta dapat bertahan selama setahun bila tak dibuka kemasannya. Susu kental manis adalah sebuah produk dari hasil olahan susu yang telah dikenal cukup lama setelah yoghurt dan keju. Berikut adalah Proses Pembuatan Kusu Kental Manis.

Susu kental manis dibuat dengan cara mengevaporasi air dari susu sapi yang masih segar secara vakum kira-kira 50% dari total kandungan air yang terdapat dalam susu segar, lalu campurkan gula antara 45 sampai 50% pada susu yang berguna sebagai pengawet. Pembuatan susu kental manis dilakukan dengan cara menguapkan susu segar lebih dulu dengan menggunakan evaporator, suhu yang digunakan adalah 80 derajat celcius. Evaporasi (penguapan) yaitu suatu proses perubahan molekul dalam keadaan cair (misalnya air) dengan spontan menjadi gas (misalnya uap air). Pada umumnya,  penguapan (evaporasi) bisa dilihat dari hilangnya cairan secara bertahap saat terpapar  gas dengan volume signifikan.

Setelah dievaporasi, dalam Proses Pembuatan Kusu Kental Manis langkah berikutnya yaitu memanaskan susu penguapan atau susu evaporasi tersebut diatas api kemudian ditambahkan Carbon Metil Cellulose (CMC) dan gula pasir sesuai dengan takaran yang sudah ditentukan. Sebelum ditambahkan, CMC dan gula pasir diaduk-aduk lebih dahulu, hal tersebut dilakukan supaya CMC cepat larut dalam bahan. Susu dari hasil penguapan yang sudah dicampurkan CMC dan gula pasir ini diaduk-aduk hingga homogen, sehingga jadilah susu kental manis.

Tahap selanjutnya yaitu pengemasan yang dilakukan menggunkana kaleng. Proses pengalengan dilakukan dengan terlebih dulu mensterilisasi kalengnya kemudian susu dimasukan ke dalam kaleng, pengisian bahan atau susu kental manis tidak dilakukan sampai penuh atau volume kaleng disisakan sebagian untuk ruang kosong atau disebut juga head space. Ukuran head space tersebut di dalam pengalengan bahan pangan  sangat penting sekali, ukuran head space yang terlalu kecil akan berdampak cepatnya penetrasi panas rendah sebab kenaikan densitas isi kaleng. Jika head space terlalu besar, maka rata-rata jumlah udara yang terakumulasi  di dalam kaleng pun menjadi besar, hingga kemungkinan oksidasi yang terjadi pada bahan pun akan besar.

Berikutnya dalam Proses Pembuatan Kusu Kental Manis adalah kaleng yang sudah berisi bahan atau berisi susu kental manis kemudian di-exhausting. Tujuannya untuk mengeluarkan semua gas dan udara yang ada di dalam kaleng. Exhausting dilakukan dengan cara kaleng berisi bahan dipanaskan di dalam air yang mendidih selama kira-kira 5-10 menit. Kemudian kaleng tersebut ditutup dengan menggunakan alat double seaming, selanjutnya kaleng  disterilisasi. Dan, selesai..


Comments

Popular posts from this blog

Begini Cara Menyimpan Susu Formula Yang Benar

Manfaat Yang Didapat Dengan Lulur Susu Kambing

Inilah Khasiat Susu Kedelai Untuk Ibu Menyusui